About the Journal

Focus and Scope
Jurnal SPIRAL mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang budaya lintas daerah, provinsi dan negara yang merupakan hasil dari penelitian empiris tentang topik yang relevan dan signifikan dalam konteks budaya. Fokus dari jurnal SPIRAL yaitu terpublikasinya kualitas riset penelitian di bidang budaya yang memiliki potensi untuk memberikan informasi yang akurat bagi pelaku kebijakan dan praktisi budaya. Oleh sebab itu setiap artikel atau manuskrip yang akan diterbitkan di jurnal SPIRAL harus mengikuti rujukan sebagai berikut:
1. Artikel manuskrip harus memiliki kerangka teori yang kuat dan jelas.
2. Artikel atau manuskrip memiliki literatur yang jelas dan berkorelasi dengan topik penelitian yang dibahas.
3. Artikel atau manuskrip memiliki rancangan dan analisis yang tepat dan jelas.
4. Artikel atau manuskrip harus memberikan rekomendasi terhadap kebijakan praktis lebih lanjut di bidang budaya.
Review Process
Artikel atau manuskrip yang dikirim akan dievaluasi oleh editor untuk menentukan apakah sesuai dengan kriteria jurnal SPIRAL. Artikel atau manuskrip akan ditolak tanpa ditinjau apabila tidak memenuhi syarat kriteria jurnal. Artikel atau manuskrip yang dievaluasi dan dinilai berpotensi menarik bagi pembaca kami akan dikirim ke reviewer untuk dilakukan proses review (Double-Blind). Berdasarkan hasil review, pimpinan redaksi kemudian membuat keputusan berdasarkan rekomendasi reviewer untuk menolak artikel atau manuskrip yang tingkat perbaikannya di atas 50%. Pimpinan redaksi Jurnal SPIRAL berhak memutuskan manuskrip mana yang akan diterbitkan di jurnal SPIRAL.
Berikut adalah proses review artikel atau manuskrip di jurnal SPIRAL:
a. Penulis mengirimkan artikel atau manuskrip jurnal;
b. Evaluasi oleh editor;
c. Proses peer review Double-Blind;
d. Keputusan Editor;
e. Konfirmasi kepada penulis.
Publication Ethic
Penulis yang mengirimkan artikel harus memperhatikan standar etika publikasi berikut ini
1. Penulis harus menjamin bahwa naskah tersebut sepenuhnya asli.
2. Apabila menyertakan sumber lain dalam artikel atau manuskrip dalam bentuk kutipan harus ditulis dengan benar dan tepat sesuai dengan standar penulisan karya ilmiah. Hal ini untuk menjamin pengakuan terhadap karya orang lain.
3. Penulis dilarang menyerahkan naskah artikel yang sama atau intinya penelitian sama di luar jurnal SPIRAL. Tidak etis untuk memasukkan artikel yang sama ke dalam dua jurnal atau lebih.
4. Penulis utama atau adalah orang-orang yang memberikan kontribusi nyata dan penting dalam hal konsep, rencana, pelaksanaan, atau interpretasi kajian penelitian yang dilaporkan. Penulis lain yang terlibat dalam kegiatan penelitian seperti asisten peneliti disebut sebagai kontributor.
5. Apabila penelitian dibiayai oleh lembaga tertentu maka perlu disebutkan sumber biayanya.
Open Access Statement
Jurnal SPIRAL (Jurnal Seputar Penelitian Multikultural) menyediakan akses langsung dan terbuka untuk semua artikel penelitian budaya yang dipublikasikan sehingga mendukung transfer pengetahuan budaya secara global. Hal ini berarti:
1. Siapapun memiliki akses gratis ke teks lengkap dari semua artikel budaya yang diterbitkan dalam jurnal SPIRAL (Jurnal Seputar Penelitian Multikultural);
2. Jurnal SPIRAL memberikan kemanfaatan bagi masyarakat luas dan dapat meningkatkan profil penelitian dari penulis;
3. Akses publikasi di jurnal SPIRAL bersifat terbuka dan didukung oleh lembaga penulis atau lembaga pendanaan penelitian dengan pembayaran Biaya Pemrosesan Artikel (APC) gratis untuk artikel yang diterima dan dipublikasikan.
4. Siapapun dapat bertanya kepada pemegang hak cipta asli (biasanya penerbit atau penulis asli), apakah artikel di jurnal SPIRAL dapat digunakan untuk pengembangan penelitian lanjutan atau tidak.
Copyright and License
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak-hak kepada jurnal SPIRAL sebagai berikut.
1. Hak publikasi pertama.
2. Hak untuk menerbitkan, mendistribusikan, menggunakan artikel di Jurnal edisi elektronik dan cetak.
3. Hak untuk membuat dan menyimpan salinan arsip elektronik dari artikel tersebut, termasuk hak untuk menyimpannya di repositori digital akses terbuka.
Sedangkan dalam penyebarluasan hasil ciptaan (produk penelitian budaya) Jurnal SPIRAL (Jurnal Seputar Penelitian Multikultural) memiliki lisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Plagiarims and Retraction
Jurnal SPIRAL melakukan pemeriksaan tingkat plagiat artikel jurnal dengan menggunakan "Turnitin". Jika ada indikasi plagiasi lebih dari 30%, maka artikel atau manuskrip langsung ditolak.